Hikmah

Ust. Abdullah Ubaid, SHI

Hikmah Ziarah Kubur

Administrator@DJ | Jumat, 09 Februari 2018 - 07:14:03 WIB | dibaca: 141 pembaca



Diantara amalan yang biasa dilakukan oleh warga NU, adalah berziarah kubur, membaca quran, dzikir dan berdoa di area perkuburan, kebiasaan ini rutin dilakukan dan dalam masyarakat jawa sering disebut dengan istilah “NYEKAR”. Namun akhir-akhir ramai tuduhan bahwa kebiasaan itu salah dan sesat, alasan dari tuduhan tersebut adalah berziarah tidak pernah dilakukan oleh Rasulullah SAW, adapula yang menganggapnya syirik dengan argumen kenapa meminta ke kuburan kok tidak meminta langsung Allah SWT.

Untuk menjawab tuduhan tersebut, cobalah perhatikan beberapa dalil berikut :

اِسْتَأْذَنْتُ رَبِّيْ أَنْ أَسْتَغْفِر لأُمِّيْ ، فَلَمْ : قَالَ رَسُوْلُ الله صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمْ : عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ يَأذَنْ لِيْ ، وَاسْتأذَنْتُهُ أنْ أَزُوْرَ قَبْرَهَا فَأذِنَ لِيْ

 

Artinya:    Dari Abu Hurairah r.a. Berkata, Rasulallah s.a.w. bersabda: Aku meminta ijin kepada Allah untuk memintakan ampunan bagi ibuku, tetapi Allah tidak mengijinkan. Kemudian aku meminta ijin kepada Allah untuk berziarah ke makam ibuku, lalu Allah mengizinkanku. (H.R. Muslim)

 

(اَخْرَجَهُ مُسْلِمْ وَاْلحَكِيْم) فَبَكَي وَاَبْكَى مَنْ حَوْلَهُ , قَبْرَ اُمِّهِ زَارَ النَّبِيُّ صَلَّى الله عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : وَفِى رِوَايَةٍ أُخْرَى


Artinya :    Dalam riwayat yang lain dari Abu Hurairah bahwa : Nabi s.a.w. ziarah ke makam ibunya kemudian menangis lalu menangislah orang-orang sekitarnya. (H.R. Muslim [hadits ke 2256], dan al-Hakim [hadits ke 1390]) 

 

Dari dalil diatas dapat diketahui bahwa Rasulullah SAW dahulu juga berziarah kubur, dalam hal ini Rasulullah SAW menziarahi kubur dari ibu Beliau. Hal ini menunjukkan bahwa ziarah kubur adalah sunnah yang jika dilakukan akan mendapatkan pahala dan keberkahan. Selain itu Rasulullah SAW ketika berziarah ke kubur ibu Siti Aminah, beliau pernah menangis di atas kubur, ini tidak lah bisa dikategorikan perbuatan syirik, karena ini adalah rasa sedih yang lumrah melanda setiap anak ketika orang tua nya telah meninggal dunia.

 

Ziarah kubur pun dapat mendatangkan manfaat bagi pelakunya dintarany adalah mengingatkan kita pada kematian. Jika kita bertanya mengenai ada tidaknya manfaat ziarah kubur. Maka jawabannya adalah tentu ada. Sebagaimana yang telah disampaikan oleh Rasulullah dalam sabdanya, yaitu: “Aku pernah melarang kalian untuk berziarah, maka ziarahilah (sekarang)! Karena sesungguhnya ziarah kubur dapat mengingatkan kita pada kematian”.

 

Dalam hadits lain juga Rasulullah bersabda, yaitu: “Berziarah-kuburlah, karena ia dapat mengingatkanmu akan akhirat”. Dari kedua hadits di atas maka jelas sudah bahwa berziarah kubur mendatangkan manfaat yaitu mengingatkan kita pada kematian dan akhirat. Dan hal tersebut tentu akan membantu kita dalam meningkatkan ke-taqwaan kita pada Allah SWT.





Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)